BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Psikologi
Manajemen adalah suatu studi tentang tikah laku manusia yang terlibat dalam
proses manajemen dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi manajeman untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen sangat diperlukan
untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan misalnya
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta
sumber daya organisasi lainnya, tanpa adanya manajemen tentu semua tidak akan
berjalan dengan baik.
Dengan
kita memanage hal-hal tersebut, tentu kita jadi bisa melakukan hal tersebut
dengan baik dan tertata. Tidak hanya dalam itu saja, psikologi manajemen pun
sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hidup kita sehari-hari
bisa sedemikian tertata jika kita
mengerti dan bisa memanajemen apa yang akan kita mau lakukan. Dan tanpa sadar
pun dalam kehidupan sehari-hari kita sudah banyak melakukan manajemen terhadap
kegiatan yang akan akan kita lakukan dan pada diri kita sendiri.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Psikologi Manajemen
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana
mengatur atau me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.
Psikologi manajemen adalah suatu studi tentang tingkah laku manusia yang
terlibat dalam proses manajemen dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi
manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.Dengan
ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM (Sumber
Daya Manusia) ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja
perusahaan manapun. Pasalnya, ilmu psikologi yang memang berpusat pada manusia,
mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap
kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa
dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktifitas perusahaan.
Kegiatan intervensi (yang bertujuan untuk "mengolah" manusia) inilah
yang menjadi titik tolak dari kajian ilmu psikologi manajemen.
Menurut Nickels, Mchugh and McHugh, manajemen adalah
sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui
rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. Menurut Ernie
Kurniawan, Manajemen adalah seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang
terikat dengan pencapaian tujuan.
Kaitannya dengan psikologi : Ilmu psikologi
berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai factor internal manusia
seperti motivasi, sikap kerja, ketrampilan dengan berbagai macam teknik
sehingga bisa di capai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas
perusahaan. Jadi, Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana
mengatur atau me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.
B.
Pentingnya
Psikologi Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari
Mengapa psikologi manajemen penting ? Tentu saja
penting, berdasarkan artinya manajemen mempunyai arti yang berarti mangatur
atau mengontrol. Kita perlu mengatur hidup kita sendiri, mengontrol diri kita
dan semua yang kita lakukan. Kita perlu mengatur setiap kegiatan yang kita lakukan,
dari mulai kita harus membuat rencana, dan strategi. Jika kita memanage setiap
rencana yang kita lakukan dan bisa mengatur strategi sedemikian mungkin, maka
semua kegiatan kita akan terarah dan tertata rapih.
Kita juga harus bisa mengontrol setiap hal yang akan
kita lakukan. Kita tidak bisa melakukan kegiatan di luar batas kemampuan kita,
dan kita juga tidak bisa melakukan kegiatan yang berlebihan agar kita tidak
keteteran. Jika kegiatan yang kita jalani melebihi batas kemampuan kita
semuanya akan menjadi terbengkalai, dan itu berarti kita tidak berhasil
memangae diri kita sendiri.
C.
Contoh
Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari
1.
Pemasukan dan Pengeluaran
Pemasukan dan
pengeluaran adalah hal yang sangat sensitive, kita harus bisa memanage hal
tersebut agar keduanya sama-sama imbang.
2.
Mengatur Rutinitas
Dalam kehidupan
sehari-hari pastinya kita mempunyai banyak rutinitas yang harus kita jalani,
kita perlu mengatur itu semua. Kita tidak boleh melupakan diri kita, ada
waktuya kita harus beristirahat sejenak dari kegiatan yang kita lakukan. Maka
dari itu kita harus pintar-pintar mengatur waktu yang kita pakai.
Daftar Pusutaka
Leavitt, Harold J.
(1992). Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga
Perkembangan
Teori Manajemen – Elearning Gunadarma , linknya : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=0CD4QFjAFahUKEwiK5t6bvaHIAhWPGY4KHUz9Cpk&url=http%3A%2F%2Felearning.gunadarma.ac.id%2Fdocmodul%2Fpengantar_manajemen_umum%2FBab_2.pdf&usg=AFQjCNEa1qTRINd7hYXIrnr5r0ND8BFwGQ&sig2=sJQnMvXH1T_dK-7Zvs_-2Q

0 komentar:
Posting Komentar