Pembelajaran Anak Berbakat

| Rabu, 24 Juni 2015


Pembelajaran Anak Bakat

1. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri anak berbakat!
Anak berbakat adalah mereka yang memiliki kemampuan-kemampuan yang unggul dan mampu memberikan prestasi yang tinggi. Secara umum ciri-ciri anak berbakat adalah:
·         Intelektual atau belajar artinya mudah menangkap pelajaran karena pada dasarnya anak berbakat memiliki ingatan yang baik, penalaran yang tajam, daya konsentrasi yang baik, pengamat yang cermat, dan memiliki daya abstrak tinggi sehingga selalu sibuk menangani berbagai hal.
·         Kreativitas artinya memiliki dorongan ingin tahu yang besar baik itu dalam pemaecahan masalah ataupun mencoba hal-hal baru dengan cara yang original.
·         Motivasi artinya menghadapi tugas dan untuk berprestasi dan cenderung tidak memerlukan dorongan luar untuk berprestasi.
·         Bahasa biasanya mampu berbicara lebih cepat dibandingkan orang lain yang sebaya dengannya.
·         Keterampilan motorik biasanya memiliki keterampilan motorik yang lebih baik dalam bidang kesenian maupun olahraga.
·         Ingatan anak mempunyai ikatan yang baik tentang pengalaman atau pengetahuan yang diperoleh. Misalnya dicirikan dengan banyak tanya dengan hal-hal baru.
·         Memiliki minat yang lebih unggul dalam membaca dan hitung menghitung.



2.  Jelaskan penerapan pembelajaran anak berbakat menurut teori Barbe dan Renzulli!
Menurut Barbe dan Rezulli anak berbakat umumnya tidak hanya belajar lebih cepat tetapi juga menggunakan cara yang berbeda dari teman seusianya. Hal ini tidak jarang membuat guru disekolah mengalami kewalahan, bahkan sering terganggu oleh anak-anak seperti itu oleh karena itu Barbe dan Ranzulli menyimpulkan implikasi bagi guru untuk anak berbakat.
·         Guru perlu memahami diri sendiri.
·         Guru perlu memiliki pengertian tentang keberbakatan
·         Guru hendaknya menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan anak-anak berbakat tersebut.
·         Guru memberikan tantangan bukan tekanan.
·         Guru memperhatikan proses belajar daripada hasilnya.
·         Guru lebih baik memberikan umpan balik daripada penilaian.
·         Guru harus menyediakan beberapa aletrnatif strategi belajar.
·         Guru menciptakan suasana dimana anak merasa aman dan berani dalam mengambil resiko untuk menentukan pendapat dan keputusannya.
Selain itu orang tua diwajibkan dapat mengembangkan perhatian dan kesempatan pada anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya serta member motivasi untuk berprestasi sebanyak mungkin. Intinya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama baik masyarakat, keluarga, maupunsekolah.



3.  Jelaskan mengenai kegunaan kurikulum berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan kurikulum yang umum!
Kegunaan kurikulum berdiferensiasi yaitu member pengalaman, pendidikan yang disesuaikan dengan minat & kemampuan intelektual murid. Makna dari diferensiasi bagi siswa berbakat ialah menumbuhkan rasa keberhasilan, kepuasan, dan tantangan , membuat siswa aktif & merasa bosan sekolah, dan dengan demikian menghindari under achievement atau putus sekolah. Bedanya dengan kurikulum umum, jika kurikulum digunakan untuk anak yang kreatif dan bakatnya standar. Sedangkan kurikulum diferensiasi dirancang khusus kelompok siswa berbakat. Serta berorientasi pada proses, kegiatan aktif dan penerapan tugas, juga member peluang pada siswa untuk memilih sendiri  kegiatan belajar sesuai minat dan bakat.


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲