Pembelajaran
Anak Bakat
1. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri anak berbakat!
Anak berbakat adalah mereka yang memiliki
kemampuan-kemampuan yang unggul dan mampu memberikan prestasi yang tinggi.
Secara umum ciri-ciri anak berbakat adalah:
·
Intelektual atau belajar artinya
mudah menangkap pelajaran karena pada dasarnya anak berbakat memiliki ingatan
yang baik, penalaran yang tajam, daya konsentrasi yang baik, pengamat yang
cermat, dan memiliki daya abstrak tinggi sehingga selalu sibuk menangani
berbagai hal.
·
Kreativitas artinya memiliki
dorongan ingin tahu yang besar baik itu dalam pemaecahan masalah ataupun
mencoba hal-hal baru dengan cara yang original.
·
Motivasi artinya menghadapi tugas
dan untuk berprestasi dan cenderung tidak memerlukan dorongan luar untuk
berprestasi.
·
Bahasa biasanya mampu berbicara
lebih cepat dibandingkan orang lain yang sebaya dengannya.
·
Keterampilan motorik biasanya
memiliki keterampilan motorik yang lebih baik dalam bidang kesenian maupun
olahraga.
·
Ingatan anak mempunyai ikatan yang
baik tentang pengalaman atau pengetahuan yang diperoleh. Misalnya dicirikan
dengan banyak tanya dengan hal-hal baru.
·
Memiliki minat yang lebih unggul
dalam membaca dan hitung menghitung.
2. Jelaskan penerapan pembelajaran anak berbakat
menurut teori Barbe dan Renzulli!
Menurut Barbe dan Rezulli anak berbakat umumnya tidak hanya
belajar lebih cepat tetapi juga menggunakan cara yang berbeda dari teman
seusianya. Hal ini tidak jarang membuat guru disekolah mengalami kewalahan,
bahkan sering terganggu oleh anak-anak seperti itu oleh karena itu Barbe dan
Ranzulli menyimpulkan implikasi bagi guru untuk anak berbakat.
·
Guru perlu memahami diri sendiri.
·
Guru perlu memiliki pengertian
tentang keberbakatan
·
Guru hendaknya menciptakan suasana
belajar yang sesuai dengan anak-anak berbakat tersebut.
·
Guru memberikan tantangan bukan
tekanan.
·
Guru memperhatikan proses belajar
daripada hasilnya.
·
Guru lebih baik memberikan umpan
balik daripada penilaian.
·
Guru harus menyediakan beberapa
aletrnatif strategi belajar.
·
Guru menciptakan suasana dimana anak
merasa aman dan berani dalam mengambil resiko untuk menentukan pendapat dan
keputusannya.
Selain itu orang tua diwajibkan dapat mengembangkan
perhatian dan kesempatan pada anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya serta
member motivasi untuk berprestasi sebanyak mungkin. Intinya pendidikan
merupakan tanggung jawab bersama baik masyarakat, keluarga, maupunsekolah.
3. Jelaskan mengenai kegunaan kurikulum
berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan kurikulum yang umum!
Kegunaan kurikulum berdiferensiasi yaitu member pengalaman,
pendidikan yang disesuaikan dengan minat & kemampuan intelektual murid.
Makna dari diferensiasi bagi siswa berbakat ialah menumbuhkan rasa
keberhasilan, kepuasan, dan tantangan , membuat siswa aktif & merasa bosan
sekolah, dan dengan demikian menghindari under achievement atau putus sekolah.
Bedanya dengan kurikulum umum, jika kurikulum digunakan untuk anak yang kreatif
dan bakatnya standar. Sedangkan kurikulum diferensiasi dirancang khusus
kelompok siswa berbakat. Serta berorientasi pada proses, kegiatan aktif dan
penerapan tugas, juga member peluang pada siswa untuk memilih sendiri
kegiatan belajar sesuai minat dan bakat.
Sumber :

0 komentar:
Posting Komentar